Merakit Komputer

Sudah 2 bulan lebih saya tidak posting-posting artikel, ok hari ini saya akan memposting pengetahuan cara merakit komputer dengan benar, kenapa saya posting cara merakit Komputer ? Karena Merakit Komputer adalah salah satu kewajiban anak TKJ.

Ok kita langsung ke TOPIKnya

Perlengkapan :
1. Siapkan Obeng PLUS yang panjangnya kurang lebih 10cm, kalau bisa siapin juga sarung tangan agar tidak terkena listrik statis atau kalau yang punya gelang anti statis pakai lah gelangnya.
2. Siapkan komponen-komponennya, -> Motherboard, Processor, VGA Card, Soundcard, Casing, Power Suplay, Harddisk, DVD/CD ROM, RAM, dan ada yang mau nambahin hehehe....

Perakitannya : 
1. Berdoa dahulu agar berjalan lancar
2. Pasang Processor terlebih dahulu ke motherboard, dengan cara naikan tuas penguci, tentukan posisi processor dengan cara mencari tanda yang biasanya berada di pojok yang di tandai titik, segitiga, atau lengkungan, (Pada saat memasang bila anda tidak memakai sarung tangan atau gelang anti statis, janganlah pegang bagian bawah tembaga).
3. Pasang Headsink di processor, sebelumnya berilah pasta di atas bagian atas processor, lalu pasang headsinknya.
4. Pasang ram di tempat slot RAM, buka kunci slot RAM, tentukan posisi ramnya dengan melihat bagian bawah RAM (garis ram), tekan kebawah dan otomatis Slot RAM akan menguci sendiri.
5. Pasang Motherboard yang sudah terpasang, RAM, processor dan headsink ke dalam casing, caranya pasang dahulu I/O Shield ke casing lalu taruh motherboard berlahan-lahan, harus pas-kan lubang baut dan lubang I/O Shield, lalu kunci motherboardnya dengan baut.
6. Pasang Power Supplay, dengan cara memasukan power supplay di bagian belakang atas casing, lalu kunci dengan baut.
7. Pasang kabel Motherboard, casing ke motherboard perhatikan tulisan di kabel dan motherboard, misalnya tulisan Kabel "Power SW" di motherboard "Power SW" juga berarti itu tempatnya.
8. Pasang Drive Harddisk dan DVD/CD ROM, pasang Harddisk

  1. Copot pelet penutup bay drive (ruang untuk drive pada casing)
  2. Masukkan drive dari depan bay dengan terlebih dahulu mengatur seting jumper (sebagai master atau slave) pada drive.
  3. Sesuaikan posisi lubang sekerup di drive dan casing lalu pasang sekerup penahan drive.
  4. Hubungkan konektor kabel IDE ke drive dan konektor di motherboard (konektor primary dipakai lebih dulu)
9. Setting Jumper, jumper hanya di pasang di Drive berkonektor kabel IDE (Tidak di SATA), cara mengetauhinnya, anda harus melihat gambar Drive, misalnya Harddisk, biasanya tertulis jumper bagian Primary dan second, bila primary berada di paling kanan, pasang jumpernya di paling kanan. bila primarry di bagian pojok kanan nomor 2, pasang di bagian pojok kanan bagian tengah.
10. Pasang Card Adapter (VGA Card/Sound Card) misalnya anda mempunya VGA PCIex 16, berarti anda harus mencari Slot VGA PCIex 16, pertama buka pengait VGA Card di bagian kanan Slot, lalu pasang VGA Cardnya Tekan sedikit lalu kunci kembali, dan juga baut lah VGA dengan casing di bagian belakang casing.

Ok kalau masih belum jelas silakan komen.....

Posted by Ahmad Arkan on 21.13. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

0 komentar for "Merakit Komputer"

Leave a reply