Tips Merawat Hard Disk

Harddisk adalah perangkat keras yang sangat sensitif, karenanya kita harus bisa merawatnya dengan benar agar kinerja selalu stabil dan, jangan sampai rusak, seperti badsector atau sering hang, pasti gak mau dong kejadian seperti itu.





Ok dibawah ini adalah Tips merwat harddisk dengan benar :


Pertama, merawatnya dari luar, caranya seringlah bersihkan Harddisk dari debu atau pun kotoran yang bisa merusak komponen Harddisk, tidak hanya harddisk, tapi semua komponen juga harus bersih dari kotoran dan debu, cara membersihkannya, pakailah Vakum Cleaner, atau kuas, atau sikat gigi bekas, yang lembut untuk membersihkan bagian slot kabel (Colokan), -> SCSI Connector, Jumper Pins, dan power connector. sikat perlahan bagian yang tadi saya sebutkan, Sering-seringlah lihat kabel Power Connector, karena bila tersenggol dikit bisa jadi akan konslet, atau bad sector permanen (Sehingga dapat menyebabkan hang, saya sendiri pernah kejadian seperti itu sebelum saya memakai laptop).

Kedua, Pakailah Software untuk membetulkan Harddisk, Seperti Disk Defrag untuk membenahi file-file yang berantakan agar kinerja komputer tidak lelet. anda dapat mendownload software defrag [disini]. sering-seringlah cek harddisk (Melihat kecepatan harddisk anda, Badsector file atau tidak) dengan software, software anda dapat mencarinya di mbah google dengan kunci Harddisk Sentinel, cari lah yang ada cracknya.

Ok Mungkin itu saja sudah cukup untuk merawat Harddisk agar kinerjanya tetap stabil.

Posted by Ahmad Arkan on 22.30. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

0 komentar for "Tips Merawat Hard Disk"

Leave a reply